Senin, 05 Desember 2011

Kelangkaan / Keterbatasan Barang Dalam Elektronika

            Kelangkaan adalah suatu keadaan saat manusia ingin mengonsumsi jauh lebih banyak dari apa yang diproduksi atau suatu keadaan saat apa yang diinginkan manusia jauh lebih banyak dari yang tersedia.
Di zaman modern yang seperti saat ini barang-barang elektonika semakin langka , kelangkaan dapat diartikan situasi atau keadaan di mana jumlah sumber daya yang ada dirasakan kurang atau tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kelangkaan sering terjadi dalam dunia ekonomi, karena banyaknya permintaan barang sedangkan persediaan barang yang terbatas menyebabkan terjadinya kelangkaan,  seperti pula kelangkaan yang terjadi pada barang-barang elektronika. Kelangkaan dapat terjadi karena banyal hal, salah satunya karena faktor alam atau karena faktor manusia itu sendiri yang menimbun barang-barang tersebut.
             Sedangkan baru-baru ini telah terjadi gempa dan tsunami di salah satu negara  yang menjadi produsen barang-barang elektronika yaitu Jepang , jelas bencana itu berdampak pada kelangkaan barang-barang elektronika di berbagai  negara termasuk Indonesia. Apalagi sampai saat ini Indonesia hanya bisa merakit dan belum mampu membuat atau menghasilkan komponen elektronika itu sendiri, maka dari itu diharapkan Indonesia dapat membuat dan menghasilkan komponen-komponen dasar elektronika tersebut.
            Kelangkaan barang elektronik disebabkan oleh permintaan konsumen yang lebih tinggi dibandingkan dengan persediaan barangnya. Apalagi di zaman globalisai seperti ini , barang-barang elektronik seperti : komputer , laptop , handphone dan barang-barang lainnya semakin berkembang pesat. Dipasar penjualan , harga barang elektronik semakin tinggi di sebabkan oleh kelangkaan barang elektronik.

            Sumber daya manusia yang memproduksi barang-barang elektronik lebih kecil dibanding permintaan. Di Indonesia , kebutuhan barang elektronik sangat berharap kepada negara produsen elektronik seperti : Jepang , China dan negara-negara di Eropa.

            Oleh karena itu kita harus memanfaatkan sebuah barang elektronik atau teknologi secara optimal dan secara efisien supaya tidak terjadi keterbatasan atau kelangkaan .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar