Selasa, 31 Januari 2012

Tips Hemat BBM di Kala Macet

          Jakarta, kota megapolitan, kota yang supersibuk, kota dengan berbagai macam kegiatan positif maupun negatif. Kemacetan menjadi suatu hal yang sering dijumpai dikota ini, jalan-jaln yang macet karena banyaknya kendaraan roda dua maupun roda empat yang menambah kepadatan kota ini dan menjadikannya sebagai salah satu ladang polusi dunia.

             Tanpa kita sadari, kebutuhan mobilitas pribadi maupun keluarga setiap tahunnya cenderung meningkat Kecenderungan peningkatan kebutuhan ini tentunya berpengaruh terhadap pengeluaran BBM. Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati pengeluaran BBM:
  • Panaskan mobil dengan waktu yang tepat
           Cukup panaskan mobil Anda selama 1-2 menit karena dalam waktu 30 detik, oli dalam mesin sudah bersirkulasi dengan baik.
  • Injak rem seperlunya
            Sering-sering menggunakan rem dapat memengaruhi konsumsi BBM. Maklum, rem mengonversi energi kinetik ke dalam energi panas di piringan rem dari energi kimia yang dikandung BBM. Oleh sebab itu, jika akan berhenti, sebaiknya Anda memanfaatkan gaya luncur mobil baru injak pedal rem.
  • Atur beban mobil
             Semakin berat beban dalam mobil, semakin besar pula BBM yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, lakukan cek barang secara berkala dari dalam mobil. Keluarkan barang-barang yang kurang diperlukan untuk mengurangi kinerja mesin mobil.
  • Hindari cara menyetir yang agresif
              Menekan pedal gas dan mengerem agresif secara berulang-ulang dapat meningkatkan penggunaan BBM 40 persen lebih banyak daripada cara menyetir yang normal. Cara yang benar adalah mempercepat kendaraan perlahan dan pindahkan gigi yang lebih tinggi secepatnya sesuai dengan daya tarikan mobil Anda.
  • Pilih mobil dengan teknologi terbaru
                   Karena, mobil dengan teknologi terbaru biasanya lebih hemat BBM.

                   Yang terpenting mengemudilah dalam keadaan sadar, agar tidak membahayakn nyawa Anda dan nyawa orang lain. Utamakan keselamatan dalam berkendara.


                                                                                                                                          
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar