Selasa, 31 Januari 2012

Hemat Lampu, Hemat Energi

           Pemborosan energi menjadi salah satu masalah terbesar saat ini. Untuk mengurangi konsumsi energi, kita dapat berperan dengan melakukan hal-hal sederhana seperti menghemat pemakain lampu di rumah maupun kantor.

           Padamkanlah lampu apabila ruangan tidak terpakai. Pilihlah lampu hemat energi, yang efisien dalam mengonversi energi listrik menjadi cahaya, bukan membuangnya sebagai panas. Lampu hemat energi memberikan pencahayaan lima kali lebih terang daripada pijar/bohlam.

           Pada siang hari sebaiknya lampu dimatikan. Kalau rumah kita tidak memiliki cukup banyak jendela, buka beberapa buah genting, ganti dengan fiberglass. Kita juga sebaiknya mengganti beberapa bagian langit-langit rumah (tepat dibawah fiberglass yang dipasang) dengan kaca untuk masuknya cahaya matahari di siang hari, upayakan agar letak perabot tidak menghalangi cahaya lampu dalam ruangan.
           
            Penerangan yang berlebihan sewajarnya dikurangi. Besar daya lampu yang digunakan dengan besar ruangan serta fungsi ruangan harus disesuaikan. Ruang baca, misalnya, memerlukan lampu dengan daya lebih besar dibandingkan lampu tidur.

            Saat hari benar-benar telah mulai gelap, nyalakn lampu teras. Dan bila hari sudah mulai kembali terang, segera matikan lampu teras. Terapkan warna terang pada dinding rumah, supaya pencahayaan lampu lebih optimal. Ketika warna tembok sudah mulai kusam segera lakukan pengecatan, maksimal tiga tahun sekali.
            
             Secara berkala, bersihkan bola lampu atau tabung lampu beserta reflektornya hingga bersih. Tujuannya agar tidak mengurangi intensitas cahaya yang dipancarkan. Meski telah dibersihkan untuk mengefisienkan energi, gantilah lampu jika pencahayaannya mulai redup. Mengapa ? Karena daya listrik untuk menyalakan lampu akan sama besarnya pada lampu baru atau lampu yang sudah mulai meredup. Alasan lainnya, membaca di tempat dengan penerangan kurang dapat menimbulkan gangguan penglihatan.

             Gunakanlah lampu yang hemat energi, kurangi penerangan yang berlebihan, dan pakailah lampu yang berstandarkan SNI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar